Laporan Keuangan Perusahaan Jasa 2

FAST DOWNLOADads
Download
Laporan Keuangan Perusahaan Jasa - Contoh Laporan Keuangan Perusahaan jasa. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kertas kerja berfungsi untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan (financial statement) yakni hasil selesai suatu proses kegiatan akuntansi yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi keuangan. Secara umum laporan keuangan terdiri atas laporan laba/ rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas.

1. Laporan Laba/Rugi (Income Statement)

Laporan laba/rugi yakni laporan yang mengatakan besarnya pendapatan dan beban pada selesai periode akuntansi. Penyusunan laporan laba/rugi yang bersumber dari kertas kerja, datanya diambil dari kolom perhitungan laba/rugi.

Penyusunan laporan laba/rugi sanggup dibedakan atas dua bentuk, yaitu bentuk pribadi (single step) dan bentuk sedikit demi sedikit (multiple step).

a. Bentuk Single Step (Bentuk Langsung)
Laporan keuntungan rugi dengan bentuk pribadi dibentuk dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan dan seluruh beban, lalu dari selisihnya sanggup diperoleh keuntungan atau rugi usaha.

Contoh:
Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA Medan per 31 Desember 2005 (Tabel 8.3), maka laporannya sanggup disusun sebagai berikut.


 Contoh Laporan Keuangan Perusahaan jasa LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA 2


b. Bentuk Multiple Step (Bentuk Bertahap)
Bentuk ini memisahkan antara pendapatan perjuangan dengan pendapatan di luar usaha, serta memisahkan beban perjuangan dengan beban di luar usaha. Laporan laba/rugi berdasarkan bentuk sedikit demi sedikit sanggup disusun sebagai berikut.





2. Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)

Laporan perubahan modal yakni laporan yang mengatakan sebab-sebab adanya perubahan modal pada selesai periode akuntansi. Modal suatu perusahaan disebabkan oleh adanya keuntungan atau rugi perjuangan dan pengambilan pribadi dari pemilik atau prive. Menyusun laporan perubahan modal yang bersumber dari kertas kerja, datanya diambil dari modal awal dan prive pada kolom neraca, dan keuntungan atau rugi higienis yang datanya diambil dari laporan laba/rugi.

Contoh:
Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA Medanper 31 Desember 2005 (Tabel 8.3), laporan perubahan modal sanggup disusun sebagai berikut.



3. Neraca (Balance Sheet)

Neraca yakni laporan yang mengatakan posisi keuangan perusahaan, mencakup besarnya harta, utang, dan modal perusahaan pada selesai periode akuntansi. Penyusunan neraca bersumber pada kertas kerja, diambil dari kolom neraca untuk penyajian harta dan utang, sedangkan untuk besarnya modal data diambil dari laporan perusahaan modal pada selesai periode.

Contoh:
Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA, Medan per 31 Desember 2006 (Tabel 8.3) sanggup disusun neraca sebagai berikut.



4. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas yakni laporan yang mengatakan arus masuk dan arus keluar perihal kas dan setara dengan kas. Kas merupakan uang tunai atau saldo kas dan rekening giro, sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek dan dengan cepat sanggup dijadikan kas. Laporan arus kas harus melaporkan arus kas selama periodetertentu dan diklasifikasi berdasarkan acara operasi, acara investasi dan acara pendanaan, dengan cara yang paling sesuai dengan bisnis perusahaan tersebut.

Contoh :
Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA, Medan sanggup disusun laporan arus kas sebagai berikut.



Sekian saja mengenai Contoh Laporan Keuangan Perusahaan jasa, biar ini sanggup membantu
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url